List Isi Seserahan Lamaran Yang Perlu Kamu Siapkan



Pada acara pernikahan atau lamaran biasanya ada prosesi pemberian hantaran seserahan pernikahan. Adat yang telah lama dijalankan semenjak dulu ini menjadi prosesi sepatutnya dalam tiap-tiap acara pernikahan.

Apa saja isi seserahannya?

Untuk soal isi seserahan mungkin masih banyak yang linglung hakekatnya apa saja sih isi seserahan pernikahan dan apa saja item- item yang perlu dipersiapkan.

Yaudah lantas aja Sputnik kasih tau apa saja sebenarnya isi seserahan pernikahan yang lazimnya dibawa sebagai hantaran dari keluarga pria untuk sang wanita sebagai simbol bekal untuk kehidupan kelak sang wanita.

Peralatan Sholat / Ibadah

Sebagai bekal untuk sang wanita supaya menjadi pendamping dan istri yang sholehah, karenanya sang pria biasanya selalu menyiapkan hantaran kelengkapan ibadah ini. Sebagai format dan simbol pengarahannya kelak kepada sang istri. Untuk isinya diawali dari Mukena, sajadah, dan Al – Quran / Kitab suci.

Perlengkapan Mandi

Lazimnya untuk peralatan mandi ini diawali dari sabun, shampo, handuk, shower puff, produk perawatan tubuh, dan wangi-wangian.

Baju Dalam

Baju dalam juga menjadi isi seserahan pernikahan yang perlu disiapkan nih. Untuk isinya mulai dari satu set underwear, lingerie dan juga pakaian tidur. Namun untuk urusan membelinya umumnya sang wanita sudah memilihkan barang – barangnya dan diserahkan terhadap sang pria untuk dihias ke dalam kotak seserahan agar lebih indah.

Perlengkapan Makeup

Nah untuk kelengkapan yang satu ini lazimnya sang wanita betul-betul concern nih, jadi biarkan para wanita yang memilihnya. Karena kecuali itemnya lumayan banyak dan belum tentu pria paham, umumnya para wanita memiliki brand khusus yang berbeda – beda untuk setiap produk kosmetik yang digunakan. Jadi para pria sebaiknya kalian duduk manis saja untuk menyiapkan items yang satu ini.

Perhiasan

Seserahan pernikahan berupa Perhiasan ini mempunyai makna bersinar dan penuh harapan. Akan tapi untuk perhiasan menjadi seserahan yang bisa disepakati bersama pantas dengan budget kalian . Jikalau sang wanita menginginkan, dan pihak pria bisa menyanggupi karenanya hantaran perhiasan dapat menjadi isi seserahan pernikahan yang akan diberikan.

Kelengkapan Pesta

Kelengkapan pesta ini berjenis-jenis – jenis isinya. Mulai dari kebaya da kain, heels, tas, dress, sampai jam tanggan.

Makanan & Buah-buahan

Sebagai wujud hantaran ngga komplit rasanya tanpa ada makanan dan buah – buahan. Untuk beberapa budaya kebiasaan contohnya betawi harus menyiapkan roti buaya dan juga ada sebagian budaya yang membawa makanan manis agar garapan kehidupan calon pengantin kelak selalu manis.

Berapa kotak seserahan pernikahan yang perlu disiapkan?

Untuk jumlah kotak seserahan sesungguhnya ngga ada ketetapan sepatutnya. Semuanya bisa disesuaikan oleh kesepakatan bersama. Akan melainkan ada beberapa kebiasaan seperti Jawa yang umumnya memberikan kotak seserahan berjumlah ganjil (5, 7, 9, 11 )

Isi seserahan pernikahan ini sesungguhnya ngga ada item patut banget yang patut sama. Balik lagi segala isi seserahan pernikahan di dalamnya disesuaikan dengan budget kalian juga. Seserahan yang menjadi hantaran dari pihak pria ini lazimnya berisi barang-barang keperluan sang calon pengantin wanita, yang nantinya akan digunakan oleh sang wanita. Jadi dapat dibilang isi barang- barang seserahan pernikahan ini simbol bekal dikehidupan bagi sang wanita kelak.

Oh iya, seserahan pernikahan bukan cuma untuk wanita loh, tapi ada juga isi seserahan pernikahan pria yang biasanya menjadi prosesi simbolik tukar seserahan antar keluarga.

Untuk isi seserahan pria biasanya lebih sederhana dan tak sebanyak isi seserahan wanita. Isi seserahan pria mulai dari parfum, dompet, pakaian kerja / formal, jan tangan, hingga sepatu. Tergantung sang wanita mau memberikan apa saja sebab sebenarnya isi seserahan untuk pria tak mesti.


Baca Artikel Terkait Tentang Barang Seserahan Saat Lamaran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *